Rahasia Membuat Pandan Chiffon Cake Yang Cantik, Enak dan Tidak Bantat

loading...

Bagi mereka yang biasa membuat kue, Pandan Chiffon Cake merupakan salah satu kue yang lumayan sulit untuk dibuat dengan hasil sempurna. Meskipun kue jadi dan matang, tapi sering kali kue tersebut menjadi bantat, melorot atau menggelmbung terlalu tinggi di luar cetakan seperti jamur. Bagi yang kurang telaten, biasanya akan menyerah dan menghindari membuat kue ini.

Tapi tidak dengan bunda Endang Indriani. Pemilik justtryandtaste.com ini terus mencoba meski sudah gagal berkali-kali, sampai akhirnya dia pun berhasil membuat pandan chiffon cake yang cantik sekaligus enak.

Nah, bunda sekarang tidak perlu mengalami kesulitan dan kegagalan dalam membuat pandan chiffon cake, karena bunda Endang sudah membagian tips dan cara membuat kue ini supaya cantik, enak, dan tidak bantat. Silahkan disimak:

Bahan-bahan:
  • 6 butir telur + 1 butir putih telur
  • 300 gram gula bubuk (buat sendiri menggunakan blender dry mill)
  • 225 gram tepung terigu protein rendah protein / cake flour yang telah diayak
  • 180 ml air + 2 sendok teh pasta pandan instan
  • 120 ml minyak sayur (saya pakai minyak goreng biasa)
  • 1 sendok teh vanilla ekstrak
  • 1 sendok  makan baking powder (saya pakai double acting BP)
  • 1/2 sendok makan air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh garam halus

Persiapan:
  • Pisahkan putih telur dan kuning telur. Jangan sampai ada kuning telur yang pecah dan menetes ke bagian putih telur. Masukkan telur ke dalam kulkas terlebih dahulu supaya kuning telurnya tidak gampang pecah. Wadah harus benar-benar bersih dan bebeas lemak/minyak.
  • Siapkan oven pada suhu 170’C. Pastikan bagian atas loyang tidak bersentuhan dengan langit-langit oven.
  • Siapkan loyang bongkar pasang untuk chiffon. bentuknya bulat dengan lubang di tengah yang bisa dibongkar. Pastikan loyang bersih, dan jangan mengolesi bagian dalamnya dengan margarin, minyak ataupun tepung. Tujuannya adalah supaya kue menempel kuat pada dinding loyang, sehingga tidak mudah melorot ketika dikeluarkan dari oven.

Adonan Dasar:
  • masukkan terigu, garam, baking powder dan 250 gram gula bubuk ke dalam mangkok besar. Mixer semua bahan dengan kecepatan rendah selama 30-40 detik sampai merata.
  • Buat lubang ditengah adonan, lalu masukkan 6 kuning telur, pasta pandan, air, vanilla, dan minyak sayur. Kocok dengan kecepatan sedang selama kurang lebih 1 menit. matikan mixer dan cuci sampai bersih.

Meringue:
  • Masukkan 7 putih telur kedalam mangkuk besar yang bersih. kocok dengan kecepatan sedang sampai berbusa selama sekitar 30 detik. Tuang air jeruk nipis dan kocok lagi dengan kecepatan tinggi sampai terbentuk soft peak (ketika alat pengocok diangkat maka ujung kocokan putih telur tampak membentuk puncak yang lemas, terkulai ke satu sisi).
  • Masukkan 50 gram gula bubuk dalam 2 tahap, lalu lanjutkan mixeer adonan dengan kecepatan tinggi sampai stiff peak (puncak kaku). Kocokan telur akan terlihat mengkilap dan sangat kaku. Hentikan mixer jika kondisi ini sudah tercapai.

Cara membuat Pandan chiffon cake:
  1. masukkan satu sendok besar meringue ke dalam adonan dasar, lalu aduk perlahan dengan teknik aduk balik (folding). Jangan mengaduk dengan cara memutar adonan, karena akan membuat meringue menjadi kempis. 
  2. Masukkan sisa meringue secara bertahap dan ulangi proses mengaduknya. Jangan sekali-kali memasukkan meringue semuanya sekaligus. Aduk perlahan sampai meringue benar-benar menyatu dengan adonan.
  3. Masukkan adonan ke dalam loyang dan panggang sekitar 60 menit atau sampai permukaan kue mulai menjadi coklat keemasan seperti pada gambar di atas. Bunda bisa mengecek tingkat kematangannya dengan menusukkan lidi panjang ke dalam adonan. Kalau tidak ada yang menempel, berarti sudah matang.
  4. Keluarkan kue dari oven dan langsung balik loyang sehingga bagian atas kue menghadap ke bawah. Beri ganjalan supaya loyang tidak menempel langsung pada permukaan meja, sehingga uap air bisa keluar dengan baik. Tujuan pembalikkan loyang adalah supaya kue tidak kempes dan mengkeret.
  5. Setelah dingin, balikkan lagi loyang dan keluarkan kue dengan cara di sayat pagian pinggiran loyang menggunakan pisau.


Chiffon Cake Pandan sudah jadi dan siap disantap. Sajikan dengan taburan gula halus atau es krim di atasnya. Enaak!

Selamat mencoba yaa..!

Similar Post :