Resep Chicken Katsu Lezat. Yang Ini Gampang Banget!

loading...

Chicken katsu merupakan hidangan ayam dalam balutan tepung roti yang digoreng renyah kriyuk. Bahan utama yaitu daging ayam bagian dada tanpa tulang dengan ketebalan 1-2 cm yang kemudian tersaji dalam beberapa potongan siap santap plus siraman saus tonkatsu.

Dahulu hidangan tempura ini kerap dijumpai pada sejumlah restoran waralaba ternama seperti Hoka-Hoka Bento dengan harga cukup mahal per porsi. Seiring waktu berjalan masyarakat bisa membelinya di "restoran ala pinggir jalan" alias warung footstreet dan supermarket terdekat dalam kemasan cepat saji, tentu saja harganya jauh lebih ringan di kantong.

Daripada membeli produk instan, restoran waralaba atau warung pinggir jalan, justru lebih baik membuat sendiri di rumah. Tidak sulit menjajal Resep Chicken Katsu Lezat, terutama dari segi pengumpulan bahan baku hingga proses memasak. Demi memperoleh cita rasa enak menggoyang lidah, pilih dada ayam segar bebas tulang yang baru potong. Butuh waktu relatif singkat untuk membuatnya, cocok untuk santapan makan siang dan makan malam tanpa harus jajan lagi di luar rumah.

Resep chicken katsu dari bunda Novalia Rika ini merupakan hasil modifikasi sehingga pengumpulan bahan baku dan proses pembuatan jauh lebih singkat. Penasaran ingin menjajalnya di dapur rumah?

Bahan-bahan:
  • 200 gram dada ayam fillet
  • 100 gram tepung panir/tepung roti warna kuning
  • 50 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh garam
  • air jeruk secukupnya
  • merica secukupnya

Cara Membuat:
  1. Fillet ayam. Langkah pertama buang kulit. Lalu lepaskan tulang belakang ayam dengan cara disisiri dengan pisau.
  2. Potong dada ayam ketebalan 1-2 cm.
  3. Lumuri dada ayam dengan bahan pelapis terigu cair. Saya ga pake telur karena kalau dingin agak anyir.
  4. Lumuri dengan tepung panir hingga merata.
  5. Goreng dengan minyak yg sudah dipanaskan, gunakan api kecil saat masak bolak balik jika sudah matang.

Jika sudah terbiasa Resep Chicken Katsu Lezat di atas, maka proses pembuatan hanya memakan waktu kurang dari 15 menit. Tak mau repot memisahkan dada ayam dari tulang? Beli saja dada ayam fillet di supermarket terdekat yang lebih menghemat waktu meski harganya sedikit lebih mahal. Sesudah adonan diangkat dari penggorengan, segera taruh di tisu tebal agar minyaknya terserap.

Pada cara buat langkah nomer tiga, selain tepung terigu boleh juga memakai telur sebagai bahan pelapis tetapi menimbulkan aroma sedikit anyir. Chicken katsu paling sedap disantap dalam keadaan panas, apalagi dicocol bareng saus barbeque atau teriyaki sebagai pengganti saus tonkatsu. Beberapa orang bahkan turut menyajikan bersama semangkuk mie ramen sebagai topping.

Selamat mencoba yaa.... Semoga sukses!
Share resep ini ke teman bunda yang lain :)

Resep: Novalia Rika

Similar Post :