Resep Nasi Bakar Ikan Teri Medan. Bikin Nafsu Makan Meningkat

loading...

Banyak kalangan menyebut nasi bakar terinspirasi langsung dari nasi timbel. Nasi yang disajikan bukan jenis biasa dari hasil nanak, melainkan berbumbu santan plus rempah-rempah yang terbungkus rapi daun pisang. Aroma gurih langsung menyapa indera penciuman sewaktu bungkusan daun pisang dibuka. Nasi terasa nikmat disantap langsung meski tanpa lauk pauk.

Proses pembuatan nasi bakar tergolong mudah, malahan sejumlah kalangan turut menyertakan isi berupa udang dan teri plus daun kemangi untuk memperkuat aroma. Resep Nasi Bakar Ikan Teri Medan merupakan salah satu varian menu yang paling banyak digemari. Meskipun tampilan sederhana tanpa tambahan isi apapun, nasi plus beberapa potong ikan teri medan sukses menciptakan perpaduan sempurna menggoyang lidah.

Berikut ini resep nasi bakar ikan teri yang bisa dicoba sendiri sewaktu senggang di rumah. Semua bahan mudah diperoleh, mulai dari daun pisang hingga bumbu rempah untuk memperkuat aroma dan rasa. Proses pembuatan tergolong sederhana alias gak menguras banyak waktu. Tingkat kesulitan hampir sama seperti membuat seporsi nasi goreng.

Bahan-bahan:
  • 100 gram teri nasi/teri medan
  • 8 lembar daun pisang 
  • 3 canting nasi
  • 2 buah serai, iris
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm kaldu ayam (optional)
  • 1 sdt merica

Bumbu halus / bumbu balado :
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 cabe merah keriting

Cara Membuat:

1. Masak nasi dalam rice cooker. Jangan terlalu lembek untuk nasi bakar.
2. Campur teri, serai, garam dan kaldu ke dalam nasi. Aduk hingga nasi tidak bergumpal.
3. Angai atau bakar sedikit daun pisang hingga agak layu agar tidak robek saat dilipat.
4. Taruh nasi. Pakai bumbu balado yang sudah ditumis dan cabe rawit jika suka.
5. Siap untuk dibakar.
6. Bakar di atas teflon dengan api kecil hingga daun berubah warna. Harum saat dibakar sangat menggoda selera.

Ternyata mudah sekali proses pembuatan Resep Nasi Bakar Ikan Teri Medan, begitu pula dalam pengumpulan bahan utama. Hidangan ini sangat enak disantap selagi panas, apalagi ditambah sejumlah lauk pauk sesuai selera. Pada daftar bahan serta langkah pembuatan di atas tidak tercantum daun kemangi. Oleh karena itu, jangan lupa taruh beberapa lembar daun sebelum membungkus nasi dalam daun pisang.

Resep nasi bakar ikan teri tak hanya terpaku pada jenis teri medan. Boleh saja melakukan modifikasi dengan memakai jenis teri lainnya. Selain bakar di atas teflon dengan kompor gas, boleh juga bakar langsung di atas panggangan sate dengan bara arang. Hasilnya jauh lebih memukau jika dibakar dengan arang, entah dari segi aroma dan rasa, dijamin bakal ketagihan.

Selamat mencoba yaa..!
Jangan lupa bagikan resep ini ke teman lainnya :)

Similar Post :