Resep Nasi Liwet Sunda. Rasa dan Aromanya Bikin Kangen Kampung Halaman..

loading...

Beragam jenis masakan sunda yang sudah melekat akrab di lidah masyarakat Indonesia, salah satunya adalah nasi liwet. Memang benar popularitas hidangan ini masih kalah beken dibandingkan nasi goreng, tetapi bicara soal rasa dijamin bikin ketagihan seumur hidup. Dengan mengusung bahan rempah sederhana khas nusantara, tak heran nasi liwet sunda menjadi salah satu hidangan lezat sebagai perwakilan kuliner tanah sunda.

Selama ini masakan sunda dikenal dengan cita rasa sederhana, ringan dan jelas. Percampuran sempurna antara rasa pedas, manis ringan, asam segar dan gurih asin. Semua karakteristik tersebut dimiliki oleh nasi liwet sehingga punya penggemar yang banyak, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Cara masak Resep Nasi Liwet Sunda tidak terlalu ribet, bahkan semudah menanak nasi. Dengan kehadiran rice cooker, proses memasak semakin lebih ringan. Hidangan ini dijamin lebih "nendang" daripada nasi nanak biasa, apalagi disantap dengan menu khas sunda seperti pepes. Penasaran?

Bahan-bahan:
  • 80 ml santan (jika suka)
  • 6 siung bawang merah iris
  • 4 buah cabe rawit
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas (geprek)
  • 1 canting / 1 gelas beras
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • garam secukupnya 
  • air secukupnya 

Cara Membuat:
  1. Cuci bersih semua bahan. Air jangan terlalu banyak agar nasi tidak lembek.
  2. Masak dengan rice cooker. Kalo mau pake katel biasa juga bisa. Setelah matang hidangkan. Aromanya sedap nan wangi.

Selesai! Wow cuma segitu aja? Ya, memang gampang banget. Setelah nasi matang, bumbu beserta aromanya akan meresap ke dalam nasi. Yummmyy!

Resep nasi liwet sunda boleh memakai santan atau tidak, semua tergantung selera. Jika satu canting atau gelas masih kurang, boleh menambahkan porsi beras dengan menyesuaikan jumlah bahan utama. Sementara pemakaian kaldu bubuk boleh sapi atau ayam, boleh menyesuaikan jenis lauk pauk sebagai teman santap. Penyajian tergantung selera, biasanya beberapa restoran atau warung menyertakan kol goreng, tempe tahu goreng, ayam goreng plus kerupuk renyah.

Boleh saja memodifikasi Resep Nasi Liwet Sunda pada artikel ini untuk menghasilkan cita rasa berbeda. Jika tak punya lengkuas, boleh ganti pakai sereh dan laos. Apabila bumbu bubuk kaldu sapi atau ayam kurang digemari, coba gantikan dengan 1/2 sendok teh kaldu jamur dan 3/4 sendok teh garam. Sementara porsi nasi untuk menanak sebanyak 3 gelas.

Selamat mencoba yaa!
Jika dirasa bermanfaat, bagikan juga resep ini ke teman-teman yang lain. Semoga bermanfaat :)

Resep: Novalia Rika

Similar Post :